Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

"Saatnya Mahasiswa Berani Meneliti"

FUAD IAIN PAREPARE - Prodi Jurnalisitik Islam menyelenggarakan Kuliah Umum Ngobrol Santai Tentang Riset “ Saatnya Mahasiswa Berani Menel...


FUAD IAIN PAREPARE- Prodi Jurnalisitik Islam menyelenggarakan Kuliah Umum Ngobrol Santai Tentang Riset “ Saatnya Mahasiswa Berani Meneliti” di ruang Seminar Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Kamis (19/9)

Pemateri pada kuliah umum ini, yaitu Dr Citra Rosalyn Anwar, M.Si Dosen Teknologi Informasi Universitas Negeri Makassar. Peserta diikuti sekira 70 mahasiswa dari Program Studi Jurnalistik Islam dan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam.

Di awal pertemuan, pemateri menjelaskan tips kepada mahasiswa agar mudah memperoleh ide dalam membuat riset. Salah satunya dengan melihat peristiwa secara komprehensif. “Menjadi berbeda itu biasa,  yang luar biasa itu menerima perbedaan, karena semua dilahirkan secara berbeda. Jangan terlalu kepo dengan apa yang berbeda di sekitar kita,” ujar Doktor  lulusan Universitas Pajajaran ini. "Mulailah  dengan yang dekat,  yang dikenal yang disukai, hindari sok tahu,  tumbuhkan curiosity bukan judgement," tambahnya.

"Jika penelitian dianggap tidak mainstream,  maka pisau bedahnya harus diubah. Data yang diperoleh harus benar-benar hasil penelitian sesuai hasil analisis tanpa dibuat secara asal-asalan,” ucap Citra.

Riset sebenarnya  menjelaskan sesuatu yang ingin diketahui. Intinya hasil riset inilah yang akan jadi referensi penelitian selanjutnya. Meneliti itu mudah, jika dimengerti dan pahami sekitar kita,” jelasnya. Dr Citra menyarankan kepada mahasiswa untuk harus tahu metode analisis riset yang digunakan dalam penelitian dan banyak-banyak baca buku tentang penelitian. (fik/mif)



Tidak ada komentar

Kantor