Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Program Doktor Sosiologi Sosialisasi di FUAD

FUAD IAIN PAREPARE- Pengelola Program Doktor Departemen Sosiologi FISIP Unhas mengadakan Sosialisasi Program Doktor di ruang A3 FUAD...



FUAD IAIN PAREPARE- Pengelola Program Doktor Departemen Sosiologi FISIP Unhas mengadakan Sosialisasi Program Doktor di ruang A3 FUAD, Rabu (26/2)


Program Doktor Sosiologi dirintis sejak tahun 2005 oleh Prof Saiful Cangara dengan jumlah mahasiswa angkatan pertama 15 orang. Kegiatan penerimaan pasca dua kali, semeter genap dan ganjil. Misi program doktor sosiologi adalah menjadi pusat kajian penelitian dan inovasi yang unggul dalam bidang sosiologi yang berbasis kemaritiman. Fokus kajian pada program S3 yaitu, Pertama,  masyarakat pedesaan, perkotaan dan maritim. Kedua, gender pembangunan dan ketiga, pembangunan sosial.

Abd Rasyid, M.Si menanyakan biaya perkuliahan selama program doktor berlangsung. Hal ini dijawab Suryanto bahwa  pembayaran pasca S3 bervariasi, ekstakta 18-20 an juta, sosial 12-15 juta, dan S3 Sosiologi 12 juta persemester.

Mata kuliah tatap muka hanya dua semester selebihnya, seminar, disertasi, penerbitan jurnal dan pembicara pada seminar internasional yang dibagi dalam dua semester. Perkuliahan dapat dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu sehingga tidak menggangu jadwal kerja/kantor.

Meski S3 Sosiologi Unhas masih tergolong baru, sehingga beasiswa belum berjalan karena syarat beasiswa bila telah memiliki satu alumni, namun S3 sosiologi Unhas terbuka terhadap kerjasama terkait beasiswa dengan instansi lain.

Wahyuddin bakri, M.Si menanyakan program  atau mata kuliah sosiologi agama di Unhas. Pemateri menjelaskan bahwa  mata kuliah sosiologi agama masuk ke dalam mata kuliah pilihan, dan jika disertasi terkait keagamaan maka promotor dan co promotor serta pengujinya akan disesuaikan.

Semua kajian yang terkait sosiologi maka promotor dan co promotor dapat melibatkan dosen dari fakultas lain.“Proses pendaftaran dan informasi secara online atau  dapat menghubungi departemen sosiologi, sebab semua fasilitas telah berbasisi IT,” terang Suriyanto, M.Si. “Proses pendaftaran telah melampirkan proposal dan proses perkuliahan digunakan untuk mempertajam proposal penelitian,” tambahnya. S3 Sosiologi bisa membuka kelas di kampus Unhas Sidrap apabila jumlah mahasiswa mencapai 10 orang yang berasal dari kawasan Ajattapareng. (fzn/mif)




Tidak ada komentar

Kantor