Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Opini: Ada Apa dengan Covid-19 (AADC #edisi2)

Covid_19 Guru tanpa Sertifikasi Penulis: Dr. H. Muhammad Saleh (Wakil Rektor III IAIN Parepare) Fenomema penyebaran virus covid_...

Covid_19 Guru tanpa Sertifikasi

Penulis: Dr. H. Muhammad Saleh (Wakil Rektor III IAIN Parepare)

Fenomema penyebaran virus covid_19 sdh berlangsung selama 3 bulan. Semua sendi kehidupan bergerak. Menjadi bahan perbincangan mulai dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Mulai dari kaya sampai miskin, orang dewasa sampai anak-anak. Betapa seksinya covid-19.

Media online, media massa, televisi, radio semuanya membincang virus kecil ini. Para pakar dari segala bidang ilmu tidak ketinggalan memberi komentar, analisis, solusi dari berbagai persfektif.

Kehadiranmu membuka pikiran, tindakan, aksi, reaksi dari berbagai kalangan dan berbagai aspek. Baik disadari maupun tidak disadari ternyata kehadiranmu memberi banyak PEMBELAJARAN.

Diawali mula kehadiranmu di Wuhan, dunia gempar seakan kamu adalah sosok vampir yang dengan mudah merengut nyawa seseorang. Engkau seakan menjadi pembunuh tak berwujud.

Setelah banyak yang menjadi korban, engkau memberi pembelajaran berharga akan pentingnya "Hidup Sehat dan Bersih". Baik jasmani maupun rohani.

Melalui penelitian, telah diketahui wujudmu, cara menjangkiti orang, cara menyebar, cara mengembang/memberbanyak diri.

Bahkan cara menghindari dan senjata ampuh untuk membunuhmu juga telah diketahui. Namun kenapa masih banyak yang berkelimpangan, terpapar.

Hal ini mungkin masih banyak MATERI AJAR yang belum tersampaikan kepada kami manusia. Termasuk yang masih pertanyaan kami kenapa hanya manusia yang engkau Hinggapi?

Covid_19 engkau adalah makhluk kehadiranmu bukan tanpa hikmah, engkau telah memberi pembelajaran berharga. Saat ini dapat kami lihat, antara lain:
1. Belajar hidup sehat
2. Belajar hidup bersih.
3. Peduli akan keluarga
4. Tidak sombong akan kemampuan, ilmu yag telah dimiliki
5. Introspeksi diri untuk tetap menyandarkan diri dari Sang Pencipta Allah swt.
6.  Selalu mawas diri.
7.  Ilmu manusia sangat terbatas.
8. Saling asah
9. Saling asih
10. Saling asuh
11. Rasa kepedulian
12. Rasa empati
13. Saling Menghormati
14. Saling Menyayangi
15. Saling mengingatkan
16. Hilangnya rasa paling benar
17. Sadar manusia makhluk lemah
18. Membiasakan yang benar
19. Bersih hati tidak egois

Upaya melawanmu telah dilakukan, tetapi engkau sangat kuat. Akan tetap ada usaha dan upaya yang akan dilakukan. Tidak akan berhenti berikhtiar, namun tidak akan lupa utk tetap berdoa dan bertawakkal semoga engkau menjadi sahabat manusia tidak menjadi lawan tetapi menjadi kawan untuk memberi pembelajaran berharga bagi manusia.

Engkau sosok guru yang telah memberikan pembelajaran yang sangat berarti bagi manusia.
Semoga pembelajaran telah tuntas dan engkau  beristirahat dengan tenang.


Tidak ada komentar

Kantor