Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Rapat Akademik Semester Ganjil, Ini Kata Dekan

  FUAD - D alam rangka memasuki pekuliahan semester ganjil 2021/2022,  Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare melaksanakan Rapa...

 



FUAD- Dalam rangka memasuki pekuliahan semester ganjil 2021/2022, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare melaksanakan Rapat Akademik  melalui secara offline dan zoom meeting, Kamis (09/09/2021)

Rapat dihadiri  Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Dr. H. Abd. Halim, K., Lc. M.A, Wakil Dekan I Dr. Iskandar, M.Sos.I, Wakil Dekan II Dr. Hj. Muliati Sesady, M.Ag, Kabag Hamid, M.Pd, Kasubag Darman M.Pd, Para Ketua  Program Studi, dan dosen.

Rapat akademik dimulai dengan sambutan Wakil Dekan I yang menyampaikan bahwa rapat akademik ini merupakan kegiatan rutin setiap semester dalam rangka evaluasi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran semester genap, dan persiapan-persiapan yang akan dilakukan untuk tahun akademik 2021-2022.



 “Ini tentu merupakan bahan evalusi kita semua. Proses pembelajaran semester genap lalu dilakukan dengan hasil yang baik dan tidak ada kendala yang urgent, walaupun proses perkuliahan secara daring. Rapat ini adalah tempat untuk menyampaikan kendala pada semester lalu, sehingga ini menjadi bahan evaluasi bagi kami dan menindaklanjuti,” jelas Dr. Iskandar.

“Terima kasih yang telah menjalankan sinergitas dan profesionalitas sehingga perkuliahan pada mata kuliah yang diampu berjalan lancar dan tidak ada mata kuliah yang dieksekusi TIPD,” tambah Iskandar.

Pada semester genap lalu, uji coba offline itu dilakukan oleh mahasiswa semester satu dan semester tiga. Sehingga sistem perkuliahan berjalan secara offline dan online. Berdasarkan laporan, sistem offline ini berjalan lancar dan semua mahasiswa semester satu dan tiga mengikuti perkuliahan dengan semangat tinggi dan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Terima kasih dosen yang melaksanakan tatap muka semester lalu. Kedua, pada tahun 2021 dua prodi asesmen lapangan, yaitu PMI dan Sosiologi Agama dengan hasil akreditasi baik. Selanjutnya, menyusul prodi BSA dan Jurnalistik Islam. Saya mengharap dukungan dosen untuk menyukseskan akreditasi kedua prodi ini,” harap Iskandar.

“Kami sangat mengharapkan Bapak/Ibu dosen mengikuti perkuliahan online yang telah dibuat sesuai jadwal yang telah tertera di sisfo masing-masing. Masih ada beberapa dosen melaksanakan perkuliahan online di luar jadwal,” ujar Wadek I.

“Kami mengharap kerja sama Bapak/Ibu jika di tengah perkuliahan ada kebijakan perkuliahan offline. Selain itu, distribusi mata kuliah dilakukan oleh ketua program studi, tentu kami sangat mengharapkan bapak/ibu membuat RPS dan mengupload di Sisfo,” tambahnya lagi.

Selanjutnya, Dekan FUAD mengatakan bahwa semester lalu mungkin banyak kekurangan dan akan dievaluasi semester mendatang. “Walaupun ada kelonggaran pembelajaran offline kita tetap akan online, kita liat kondisinya ke depan akan disesuaikan offline dan online. Selama pandemi kualitas pembelajaran mengalami kekurangan, terutama menyajikan mata kuliah. Terkadang kita mengira mahasiswa hadir, tapi sebagian hanya fotonya yang ditampilkan, ini ironi pembelajaran. Jadi kualitas berbeda, di saat kita offline,” tutur Dr. Abd. Halim K.

“Baru saja mata kuliah telah didistribusikan. Mudah-mudahan distribusi mata kuliah tepat sesuai dengan bidang masing-masing. Diharapkan para dosen mengampu mata kuliah sesuai bidangnya. Selain itu, kita ini dosen agama walaupun mengampu mata kuliah umum, idealnya di saat kita menyampaikan mata kuliah ada ayat atau hadis-hadis di mata kuliah karena kita di institut keagamaan,” tambahnya.

Wakil Dekan II menjelaskan bahwa pada semester genap, dosen sudah menyelesaikan laporan kinerja dosen tepat waktu. “Saya melaporkan bahwa LKD semester genap lalu tidak ada yang telat. Namun, untuk laporan laporan tukin sebaiknya disetor tepat waktu. Surat tugas supaya tidak bertumpuk bagusnya setiap kegiatan yang ingin dilaksanakan dibuatkan surat tugasnya untuk menertibkan administrasi,” runut Wakil Dekan II.

Wakil Rektor III juga memberikan tanggapan terkait proses akademik di FUAD. “Saya menilai perlu penertiban mahasiswa PA. Selain itu, perlu memperhatikan mata kuliah prasyarat dan syarat, sebagai asesor ada dosen hanya satu mahasiswa dalam satu perkuliahan. Terkait dosen LB perlu dikomunikasikan dengan pimpinan,” ujar Dr. H. Muhammad Saleh.

Beberapa dosen menyampaikan evaluasi pada semester lalu, seperti Kaprodi SPI menyampaikan evaluasi LKD, Kaprodi Jurnalistik menyampaikan BTQ mahasiswa, home base dosen, IPK mahasiswa di FUAD jarang yang mencapai 4.00, Jurnal Prodi, serta  output mata kuliah. Ketua Prodi BKI menyampaikan dosen yang memiliki jabatan fungsional  menjadi pembimbing, distribusi mata kuliah dengan fakultas lain, dan bimbingan karier dosen. Salah satu dosen, I Nyoman menanyakan  mata kuliah lifeskill dan wirausaha di manajemen dakwah, penulisan buku daras, pembimbingan mahasiswa skripsi. Warek I menjelaskan homebase dosen dan sertifikat mah’ad. Di akhir rapat ditutup oleh Dekan FUAD dengan doa.

 

 

Tidak ada komentar

Kantor