Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pembekalan PPL FUAD, Dekan: Jaga Sikap dan Perilaku

FUAD  IAIN Parepare-  Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan mahasiswa untuk dunia kerja, 220 mahasiswa Fakultas Ushulud...


FUAD  IAIN Parepare- 
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan mahasiswa untuk dunia kerja, 220 mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan dakwah mengikuti kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun 2023 di ruang seminar gedung perpustakaan Lantai 5, Rabu (04/10/2023).

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah A. Nurkidam berpesan bahwa PPL yang dilaksanakan bukan sekadar hanya datang ke instansi, tetapi untuk mendidik mahasiswa. “Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan teori-teori yang telah didapatkan selama di kampus dan jadikan sebagai alat untuk belajar,” pesannya.

Selain itu, Nurkidam menegaskan agar mahasiswa saat PPL selalu menjaga sikap dan perilaku. “Tunjukkanlah bahwa kalian adalah mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Dakwah selain memiliki nilai-nilai agama juga nilai nilai kearifan lokal serta mempunyai kelebihan-kelebihan dibanding mahasiswa lainnya,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Rektor IAIN Parepare Hannani juga berpesan kepada seluruh peserta PPL sebelum ke lapangan mahasiswa harus memiliki skill. Ia menjelaskan satu persatu dari tujuh poin tersebut. Pertama, kemampuan Critical Thinking and Problem Solving, yaitu mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dalam melihat masalah dari sudut pandang berbeda dan mampu merumuskan solusinya sendiri. “Kemampuan inilah yang paling dibutuhkan mahasiswa di masa yang akan datang,” ujarnya kepada seluruh peserta PPL.

Lebih lanjut, Hannani menjelaskan skill kedua yang paling dibutuhkan, yaitu mampu berkolaborasi dan berjejaring. "Tidak mungkin bisa survive jika tidak mampu berkolaborasi dan berjejaring, sehingga kolaborasi dan networking itu harus dimiliki,” jelasnya.

KetigaAgility and Adabtability, yaitu mahasiswa lincah dan memiliki kemampuan beradaptasi serta mahasiswa mampu berakselerasi. KeempatInitiatif and Enterpreneurship, mahasiswa bisa berinisiatif dan memiliki jiwa kewirausahaan. Kelima, Effective Oral and Written Communication, yaitu memiliki komunikasi lisan dan tulisan yang baik.

Keenam, Accesing and Analyzing Information, yaitu kemampuan mengakses dan menganalisis informasi. Terakhir, Curiosity and Imagination, yaitu mahasiswa memiliki keingintahuan yang kuat dan mampu berimajinasi. “Mahasiswa harus memiliki tujuh kemampuan ini untuk bisa berkembang di masa depan,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Hannani berpesan kepada mahasiswa untuk berani bermimpi ke depan ingin menjadi apa. “Selalulah bermimpi membayangkan sesuatu yang baik ke depan, ingin menjadi apa setelah selesai kuliah dan selalu erusaha,” pesannya.

Pada kegiatan ini juga turut hadir wakil dekan FUAD, ketua prodi, Kabag TU FUAD, JFT FUAD, dan Kepala BPS Kota Parepare Suparno Pani beserta rombongan.

Setelah pembekalan ini mahasiswa akan disebar ke beberapa titik lokasi yang menjadi tempat PPL Bagi mahasiswa FUAD. (aen/mif)

Tidak ada komentar

Kantor