Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

"Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan"

FUAD IAIN PAREPARE -  Kaprodi Bimbingan Konseling Islam Muhammad Haramain, M.Sos.I menjelaskan bahwa banyak ibadah yang dapat dilakukan d...

FUAD IAIN PAREPAREKaprodi Bimbingan Konseling Islam Muhammad Haramain, M.Sos.I menjelaskan bahwa banyak ibadah yang dapat dilakukan di bulan puasa ini. Diantaranya, puasa meningkatkan etos kerja bukannya membuat orang berpuasa bermalas-malasan, sebab dirunut dari sejarah, banyak momentum yang terjadi pada pelaksanaan Bulan Ramadan seperti, bulan diturunkannya Al Qur'an, perang Badar pada tahun kedua hijriyah dan pembebasan Kota Mekkah tahun delapan hijriyah. Perlu diketahui bahwa Rasulullah menjalani sembilan kali puasa ramadan di masa hidupnya, delapan kali berpuasa selama 29 hari dan satu kali berpuasa tiga puluh hari. 

Ibadah lain yang dapat dilaksanakan adalah membudayakan sikap malu. Penceramah  mengutip hadis Rasulullah SAW, “Sesungguhnya Allah tatkala hendak membinasakan seorang hamba, Allah mencabut rasa malu darinya. Ketika Allah telah mencabut rasa malu darinya, orang itu tidak akan mendapati dirinya kecuali dia dibenci dan membenci orang lain. Ketika tidak mendapati dirinya kecuali dibenci dan membenci orang lain akan dicabut amanah (kepercayaan) darinya. Ketika amanah telah dicabut darinya dia tidak mendapati dirinya kecuali dia berkhianat dan dikhianati oleh orang lain. Ketika tidak mendapati dirinya kecuali dia berkhianat dan dikhianati, akan dicabut darinya rahmat. Ketika telah dicabut rahmat darinya,  tidak mendapati dirinya kecuali dia dikutuk dan dilaknat. Ketika tidak mendapati dirinya kecuali dia dikutuk dan dilaknat, maka akan dicabut darinya tali agama Islam.” (HR. Ibnu Majah)

"Berdasarkan hadis tersebut harusnya kita membiasakan untuk malu, malu untuk berbuat keburukan, malu melakukan korupsi dan malu untuk mengambil hak-hak orang lain," ujar Haramain dihadapan jamaah Sholat Dhuhur di Masjid Al Wasilah IAIN Parepare, Selasa (21/5) "Semoga kita menjadi pribadi yang ikhsan selama dan setelah ramadan," tutupnya. (mif)

Tidak ada komentar

Kantor