Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Komunitas Masyarakat Menjadi Laboratorium Mahasiswa PMI

FUAD IAIN PAREPARE - Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis  Ilmiah dengan tema "Pelatihan...

FUAD IAIN PAREPARE- Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis  Ilmiah dengan tema "Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan Pendekatan Participatory Action  Research (PAR) di ruang ex Seminar Pascasarjana, Jumat-Sabtu (17-18/5)

Kegiatan ini diikuti 40 mahasiswa PMI dari berbagai angkatan. "Pelatihan ini akan memberikan pemahaman penelitian sosial kepada mahasiswa, " ujar Ketua Panitia Dr Ramli. "Penelitian mahasiswa PMI nantinya ada yang melakukan riset dengan pendekatan PAR," tambahnya.

Menurut Ketua Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Dr Hj St Aminah, kegiatan pelatihan yang akan berlangsung dua hari bertujuan menambah wawasan mahasiswa tentang riset penelitian sosial, hal tersebut salah satu misi PMI yaitu, melakukan riset sosial. "Mahasiswa diharapkan memiliki profesionalitas yang handal dalam melakukan penelitian di masyarakat," jelas Dr Hj Aminah. Selain itu, ketua prodi juga mengharapkan kepada para pimpinan fakultas agar dapat mendukung dijadikannya beberapa komunitas yang ada di Kota Parepare sebagai laboratorium lapangan bagi mahasiswa PMI, salah satunya adalah komunitas pemulung yang ada di Lauleng, Soreang. Peserta pelatihan akan melakukan anjangsana dan survei lapangan ke lokasi tersebut sebagai bentuk praktik dari kegiatan ini.

Wakil Dekan I Dr Iskandar mengatakan bahwa pimpinan fakultas sangat mengapresiasi kegiatan ini sebab memberikan pengetahuan dasar tentang penelitian sosial sebagai modal awal dalam penyusunan tugas akhir. Wakil Dekan I juga mendukung program dari prodi PMI untuk menjadikan komunitas sebagai laboratorium mahasiswa. "Harapannya mahasiswa dapat memanfaatkan dan menggali potensi dari pemateri-pemateri selama pelaksanaan pelatihan sebagai salah satu cara percepatan studi di IAIN Parepare,"tutupnya. (fnl/mif)

Tidak ada komentar

Kantor