Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Prodi Sosiologi Agama dan PMI Gelar Sekolah Riset

FUAD IAIN PAREPARE - Prodi Sosiologi Agama dan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam menyelenggarakan  Sekolah Riset Mahasiswa  di ruang ...

FUAD IAIN PAREPARE- Prodi Sosiologi Agama dan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam menyelenggarakan  Sekolah Riset Mahasiswa  di ruang seminar dan Ujung Lero, Jumat-Sabtu (13-14)


Kegiatan ini bertujuan melaksanakan tri darma perguruan tinggi, yaitu penelitian. Salah satu permasalahan saat ini adalah masih rendahnya minat mahasiswa dalam meneliti. "Seharusnya mahasiswa tidak hanya cerdas akademik namun aktif membuat riset," ujar Ketua Panitia Mahyuddin, M.A. "Bagaimana mahasiswa mempunyai sumbangsih ke dalam prodi, termasuk dalam penelitian untuk menunjang akreditasi," ujar Mahyudin, MA.

Kegiatan ini juga memberikan ilmu kepada mahasiswa, sebab salah satu prospek kerja sosiologi agama adalah peneliti sosial. "Sekolah riset ini memetakan masalah yang ada di masyarakat, melakukan wawancara dan outcome dari kegiatan ini adalah penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa," terang Kaprodi Sosiologi Agama Sulvinajayanti, M.I.Kom. "Kegiatan ini akan berlanjut pada metode penulisan, publikasi dan sitasi," tambahnya. "Harapannya mahasiswa serius dan tekun dan menjadikan bekal dalam penulisan skripsi," harapnya.

Materi kegiatan diantaranya, pengenalan dunia riset bagi mahasiswa, dasar-dasar penelitian dan diskusi strategi keterlibatan mahasiswa dalam akreditasi prodi di bidang penelitian dan pengembangan masyarakat islam berbasis riset.

"Program diktis mencanangkan pembelajaran berbasis riset, sehingga kegiatan ini diharapkan menghasilakan luaran yang memiliki skill riset," ujar Kaprodi Pengembangan Masyarakat Islam Dr H Sitti Aminah, sekaligus membuka acara. "Saya harapkan mahasiswa mendengarkan pemateri  dengan baik, terkait teori dan besok dipraktikkan di lapangan," jelasnya.(mif)


Tidak ada komentar

Kantor