Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Mahasiswa Jurnalistik Islam Meriset Parepos

FUAD IAIN PAREPARE - Prodi Jurnalistik Islam (JI) pertama kalinya mengadakan Pelatihan Riset dan Konten Kreatif dengan tema "B...

FUAD IAIN PAREPARE- Prodi Jurnalistik Islam (JI) pertama kalinya mengadakan Pelatihan Riset dan Konten Kreatif dengan tema "Berani Riset dan Publikasi Konten Kreatif". Kegiatan ini dilakukan di beberapa lokasi riset, diantaranya Redaksi Harian Pagi Parepos, Pijar News, Kelurahan Bukit Harapan, Bukit Indah, dan Watang Soreang, Jumat-Minggu (13-15/12)

Sebanyak delapan orang mahasiswa JI semester satu, melakukan kunjungan riset di Kantor Redaksi Harian Pagi Parepos didampingi oleh fasilitator, yakni Mifda Hilmiyah. Kunjungan ini diterima langsung oleh Pimpinan Redaksi Salman Razak dan Redaktur Pelaksana Haeril, M.Pd. 

Kunjungan yang dilakukan dalam rangka riset berupa observasi dan wawancara terkait proses kerja dan pengelolaan berita Parepos. Selain itu, proses riset yang dilaksanakan sesuai dengan tema untuk menjadi acuan agar ke depannya mahasiswa JI berani dalam melakukan penelitian sesuai bidangnya, sekaligus sebagai pengalaman dan bekal untuk penelitian mendatang.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana Parepos, Haeril menyampaikan bahwa berita lahir dari hasil kreativitas para wartawan. Tidak menekan maupun mengubah gaya penulisan reporter, akan tetapi memberi kesempatan bagi mereka yang mau berproses dan mengembangkan pengetahuan di bidang jurnalistik, khususnya dalam proses peliputan dan penulisan sebuah berita.

Redaktur Pelaksana juga menjelaskan proses redaksi hingga surat kabar diterima oleh pembaca. "Tidak semua berita lahir dari perencanaan, akan tetapi lahir dari kreativitas rekan yang kemudian dilaporkan ke redaktur. Kami tidak paksa dan ubah terkait gaya penulisannya, biarkan dia berkembang dan tetap jadi gaya dan ciri khasnya. Kami juga tidak batasi berita perhari. Terkait Iklan, jika semakin banyak iklan semakin bagus dan itu juga memacu untuk memperbaiki kualitas berita," tutupnya Haeril. (Fika/mif)

1 komentar

  1. Kreativitas tumbuh dari sini, dan berkembang sesuai dengan zaman

    BalasHapus

Kantor