Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Prodi KPI Riset Harmonisasi antar Umat Beragama

FUAD IAIN PAREPARE - Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) kunjungan belajar dalam rangka riset Komunikasi Lintas Agama dan Budaya, Juma...

FUAD IAIN PAREPARE- Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) kunjungan belajar dalam rangka riset Komunikasi Lintas Agama dan Budaya, Jumat-Minggu (10-12/1)


KPI   memberangkatkan mahasiswa sebanyak 56 org, didampingi langsung oleh Ketua Prodi KPI, Nurhakki M. Si dan salah seorang dosen KPI Muh. Taufiq Syam, M.Sos. Riset ini dilaksanakan di Kabupaten Toraja, Lembang Kaduaja, Kec. Gadangbatu Sillanan. Lembang Kaduaja dipilih sebagai desa tujuan karena di desa ini mengimplementasikan konsep harmonisasi dan kerukunan umat beragama, khususnya bagi penganut agama Islam dan Kristen. 

Agenda pertama dimulai dengan diskusi dengan antara mahasiswa dengan para stakeholder Lembang Kaduaja. Dalam diskusi ini menghadirkan Kepala Desa Lembang Kaduaja, Effendi Pawilangan, S.Pd, Ketua Yayasan Pesantren Al Hidayah, Syafruddin,S.E sebagai perwakilan dari tokoh agama Islam, dan Ibu Pendeta Yosephina Rombelayuk selaku tokoh agama Kristen. Di dalam diskusi disampaikan bahwa kerukunan dapat terjaga antara masyarakat karena adanya sikap saling memahami dan saling pengertian antara umat beragama. Selain itu, ikatan kerukunan dapat terjaga karena masyarakat Lembang Kaduaja tetap menjadikan Tongkonan merupakan media dalam menjaga persatuan dan persaudaraan. 

Agenda selanjutnya, para mahasiswa akan membagi diri menjadi dua tim, tim broadcasting dan tim dakwah. Tim broadcasting akan fokus dalam bidang pengajaran berbasis media kepada para siswa di Pesantren, sedangkan tim dakwah akan fokus dalam bidang pengajaran metode dakwah kepada masyarakat muslim di Lembang Kaduaja. (Tfs/mif)

Tidak ada komentar

Kantor