Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Prodi KPI Workshop Profil Desa di Langda, Enrekang

FUAD IAIN PAREPARE - Sejuta pesona Kabupaten Enrekang, salah satunya di Desa Langda Kecamatan Buntu Batu. Masyarakat yang diwakili Kepala...

FUAD IAIN PAREPARE- Sejuta pesona Kabupaten Enrekang, salah satunya di Desa Langda Kecamatan Buntu Batu. Masyarakat yang diwakili Kepala Desa sebagai pemimpin masyarakat melakukan kolaborasi dengan mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare, Senin (10/2).




Kolaborasi ini diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan Workshop Video Profil Desa Langda guna mengekspose potensi desa baik segi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Nurhakki Ketua Prodi KPI Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare mengungkapkan pemerintah desa menjadi ujung tombak kesejahteraan bangsa. “Desa yang memiliki warga, memiliki kekayaan sumber daya alam, dan telah diberikan kepercayaan melalui anggaran dasar daerah untuk membangun desa berbasis aset yang dimiliki,” jelasnya saat dikonfirmasi via whatsapp yang masih di lokasi kegiatan.

Pelaksanaan workshop diawali dengan Focus Group Discussion (FGD). Hal ini dilakukan dengan tujuan menyerap segala aspirasi seperti berbagai fakta potensi desa dari para tokoh masyarakat setempat termasuk para anak muda. Tak hanya itu, anak muda setempat juga dilibatkan dalam pembuatan profil desa yang menjadi output inti dari workshop ini.

“Di tangan Pak Desa Risal memiliki progress pembangunan dalam berbagai dimensi, bukan hanya berkiblat pada sarana dan prasarana desa, namun juga program kesehatan balita, sampai-sampai peraturan desa ‘wajib asi’ juga ada. Sanitasi lingkungan bersih, kursus menjahit dan sangat banyak lagi yang tak terungkap dalam FGD hari ini,” ungkap Nurhakki.

Salah satu mahasiswa KPI yang turut berpartisipasi dalam workshop ini, Rahmat Anwar mengungkapkan salah satu alasannya karena melihat potensi desa dan keinginan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di kampus.

“Bagaimana kita mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan di kampus dan dibagi kepada masyarakat khususnya para pemuda agar ke depannya nanti pemuda yang ada di desa Langda akan meneruskan dan mengekspose ke media sosial tentang potensi desanya,” ucap Rahmat melalui voicenote whatsapp.

Kepala Desa Langda, Risal mengungkapkan sangat berterima kasih atas bantuan dan kolaborasi dengan IAIN Parepare. “Kegiatan ini memang sangat dibutuhkan untuk pengembangan desa, apalagi kalau dalam profil hanya kertas-kertas terkadang orang tidak tertarik membaca. Tapi kalau dalam bentuk video di manapun dan kapanpun orang bisa lihat dan pastinya lebih menarik,” jelas Risal, Kepala Desa Langda.

Workshop ini dijadwalkan akan berakhir pada 16 Februari 2020 mendatang dengan pemberian materi teori dan praktik kepada peserta. Adapun materinya meliputi Pra produksi, produksi dan pasca produksi. (hyn/mif)

Tidak ada komentar

Kantor