Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kuliah Umum Membangun Relasi dengan Komunikasi

FUAD IAIN PAREPARE - Kuliah Umum dilaksanakan di lab lantai 1, Kamis (12/3). Kuliah ini menghadirkan Dr. Bastian Jabir Pattara. Kuliah Um...

FUAD IAIN PAREPARE- Kuliah Umum dilaksanakan di lab lantai 1, Kamis (12/3). Kuliah ini menghadirkan Dr. Bastian Jabir Pattara. Kuliah Umum ini bertema "Building Strong Relationship with The Power of Communication"

Kuliah umum ini dibuka Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam Nurhakki, M.Si. "Mudah-mudahan pemateri lebih banyak menginspirasi dalam bidang komunikasi," ujar Kaprodi KPI. 

Moderator kuliah umum Alfiansyah Anwar, M.H memperkenalkan latar belakang pemateri sebagai dosen, trainer dan konsultan media. 

Dr. Bastian memotivasi mahasiswa untuk kuliah dan aktif berorganisasi. Dr. Bastian mengawali materi dengan game potensi. "Untuk belajar komunikasi kita perlu mengenal diri kita dan memahami potensi diri sejak lahir. Untuk jadi hebat, kita harus jujur, cepat, dan harus sempurna," jelasnya.

"Berdasarkan data 18, 53 persen sarjana di Indonesia dan kita adalah orang-orang terpilih untuk sukses, dan kita harus lebih sukses dari orang-orang yang tidak kuliah," tambahnya.

Dr. Bastian menjelaskan tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan peluang bagi lulusan komunikasi. "Tenaga profesional dalam menghadapi ekonomi Asian, misalnya beberapa kementerian membutuhkan trainer yang bersertifikat certificate public relation (CPR), kalau hanya ijazah, kita akan tertinggal," ucapnya.

Beberapa peluang lulusan komunikasi, misalnya, menjadi konsultan public relation, konsultan media dan  konsultan politik. Untuk  mencapai hal tersebut perlu membangun relasi, seperti profesional  relation, emotional relation, dan spiritual relation.

"Kompetensi profesional komunikasi, yaitu edukasi, relationship dengan kemampuan membangun jaringan, dan akreditasi dalam bentuk sertifikat," jelasnya.

"Hal yang paling mendasar adalah memahami komunikasi, yaitu cara menyampaikan pesan, komunikasi itu soal kesamaan, komunikasi soal hati, karena orang yang hatinya baik maka komunikasi juga akan baik. Membangun relasi dimulai dengan mendengarkan," terangnya. (mif)



Tidak ada komentar

Kantor